Kamis, 12 Januari 2012

Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Pontianak


MEMPAWAH–Bupati Ria Norsan melantik kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Rabu (22/6) di aula kantornya. Ny Erlina Ria Norsan dipercaya memimpin lembaga yang berkantor di Kelurahan Tengah Mempawah Hilir itu. Pelantikan berlangsung khidmat dan sederhana.
Dalam sambutannya, Bupati Ria Norsan mengajak jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Pontianak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebaik mungkin. Terutama berkaitan dengan tugas pokok Dekranasda. “Pengurus Dekranasda hendaknya dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Yakni sebagai wadah pembinaan perajin dan produk-produk kerajinan tangan asli daerah ini. Juga melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap anggota Dekranasda, serta turut menyukseskan pembangunan daerah,” kata Norsan.

Menurut bupati, apabila Dekranasda dapat menjalankan dan melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, maka tujuan utama Dekranasda, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menggali dan mengembangkan, serta melestarikan warisan budaya bangsa dapat tercapai. “Perlu komitmen dan kerja keras pengurus Dekranasda untuk mencapai tujuan tersebut. Sejak dilantik dan dikukuhkan, hendaknya para pengurus secepatnya mulai bekerja guna mencapai hasil yang maksimal,” sarannya.

Masih menurut Norsan, Dekranasda merupakan lembaga mitra kerja Pemkab. Dengan peran dan fungsi strategisnya, Dekranasda dapat membantu Pemkab meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi Dekranasda merupakan wadah bagi para perajin daerah, dan pelaku bisnis yang sebagian besar anggotanya merupakan kelompok usaha mikro, kecil dan menengah dalam mengembangkan potensi dan hasil karyanya, sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Dekranasda juga dituntut melakukan pembinaan terhadap anggota, dan kelompok-kelompok usaha di bawah naungannya. Termasuk mempromosikan, serta memasarkan hasil karya asli daerah Kabupaten Pontianak kepada masyarakat luas. Dekranasda harus bisa membina penemuan dan penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan daerah, menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan daerah. Termasuk memerhatikan, dan memperjuangkan kepentingan para perajin. "Disamping itu, Dekranasda hendaknya mampu membantu pemerintah merumuskan kebijakan di bidang industri kerajinan, serta memperluas pangsa pasar hasil kerajinan daerah. Sehingga produk kita mampu bersaing dengan produk luar negeri,” harap bupati Norsan.

Masih menurut Norsan, jajaran pengurus Dekrasnasda harus menjalin hubungan sinergis dengan instansi di lingkungan Pemkab Pontianak. Kerja sama tersebut akan membantu dan mendukung berbagai program kerja yang disusun lembaga itu. “Dengan melakukan inventarisasi yang lebih akurat, pembinaan kualitas produk kerajinan daerah, serta memperluas pangsa pasar melalui promosi dan keikutsertaan dalam berbagai event pameran, saya optimis berbagai kerajinan daerah ini dapat dikembangkan dan dikenal masyarakat luas,” ujarnya. (pringgo/humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar