Selasa, 24 Januari 2012

Lukisan 3D dari Kulit Batang Pohon Pisang

KREATIFITAS dalam berseni memang tidak mengenal media pengaktualisasian diri. Tidak seperti pelukis kebanyakan yang kerap menggunakan kanvas dan cat minyak atau air sebagai media seninya, Irwen (32) lebih memilih kulit batang pisang atau debog sebagai media seni. Di tangannya, kulit batang pohon pisang yang sebelumnya telah di keringkan itu di rangka sedemikian rupa menjadi sebuah lukiasan 3D yang indah dan mengangumkan.

Ide kreatif ini menurut lelaki yang akrab disapa Eeng ini lahir secara tidak disengaja saat dirinya tengah berjalan-jalan di Pasar Mempawah. Ketika itu, Eeng melihat banyak tumpukan kulit batang pohon pisang yang di buang percuma. Insting seninya langsung bekerja. Tanpa merasa malu, dia langsung membawa pulang sejumlah kulit batang pisang kering tersebut.

Sedampainya di rumah, pemuda kreatif ini langsung mengambil gunting, pisau kater, lem, serta kanvas lukis yang sebelumnya telh di bingkai. Dengan penuh kesabaran, satu persatu lembar kulit batang pohon pisang di potong dengan berbagai ukuran. Imajinasi Eeng terus bermain manakala melihat ragam tekstur serat kulit batang pohon pisang yang beragam.

Tidak puas dengan mengeksploitasi kulit batang pohon pisang kering, Eeng pun mencoba untuk memadupadankan dengan kulit jagung kering serta ranting pohon kering. Setelah beberapa lama akhirnya sebuah lukisan pemandangan 3D tercipta. “Ide pembuatan lukisan ini hadir bengitu saja dari alam imajinasi saya. Semuanya mengalir apa adanya,” ungkap seniman asal Kecamatan Mempawah Hilir ini.

Sukses membuat karya seni dari kulit batang pohon pisang kering itu ternyata berbuah manis. Sejumlah pesanan dari para penikmat seni mulai berdatangan. Tidak hanya dari kota Mempawah, tetapi juga datang dari sejumlah kabupaten/kota  di Kalbar. Karyanya semakin mendapat tempat di hati para penikmat seni manakala Eeng unjuk kebolehan di ajang pameran produk Dekranasda Kabupaten Pontianak, Sabtu (14/1) lalu di Reuni Akbar APDN/STPDN/IPDN se-Kalbar, di Taman Wisata Pantai Kijing.

Bagi para penikmat seni yang ingin memilki karya lukisan 3D dari kulit pohon pisang buatan Eeng, pemesanan dapat dilakukan dengan mengubungi Dekranasda Kabupaten Pontianak, Jalan Daeng Manambon, Mempawah atau menghubungi nomor Hp 081256796411. (pringgo/hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar